Selasa, 18 Februari 2014

MEMBERSIHKAN AREA LAYANAN KAMAR


·          Prosedur Pembersihan (Clear Up) Perlengkapan Makan Dan Minum

Pengambilan order room service adalah orang yang bertanggung jawab untuk pengawasan dan mengarahkan staf untuk membersihkan kamar dan lantai. Pengambilan order mencatat informasi pada kertas acara untuk memeriksa adanya pengawasan yang efektif dan efisien dalam pelayanan room service.

Clear up adalah mengambil atau memindahkan peralatan makanan yang bekas pakai maupun yang tidak dipergunakan oleh tamu dari meja makannya ke side stand untuk dibawa ke area pencucian (diswashing area).

Adapun prosedur pembersihan area layanan kamar adalah sebagai berikut :
1.      Tray dan trolley biasanya ditempatkan di luar kamar tamu.
2.      Lantai harus dibersihkan dengan cepat dan tenang.
3.      Tray dan trolley harus dibersihkan dan hiegienis.
4.      Kain linen ditumpuk sesuai jenisnya.
5.      Peralatan ditumpuk sesuai jenisnya.
6.      Memisahkan barang yang dapat digunakan.
7.      Mengirimkan peralatan makan dan minum ke kitchen , sedangkan kain linen kebagian laundry.
8.      Menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang telah bersih untuk ditata kembali.
Prosedur pembersihan peralatan makan dan minum harus dilakukan secara kolektif pada jam-jam tertentu, khususnya pada pagi hari. Clear up juga harus dilakukan di tiap lantai secara periodik.

·         Teknik Penyimpanan Peralatan

            Tray dan trolley harus dibawa ke area pencucian. Sisa sisa makanan dibuang dan peralatan pelayanan makanan harus dicuci. Tray dan trolley segera dicuci dan ditiriskan di tempat aman dan bersih sesuai dengan peraturan perusahaan.


Tray dan trolley yang telah bersih dan kering disimpan secara benar di ruangan pantry room service. Room service head waiter memeriksa kembali kelengkapan peralatan bekas dipergunakan oleh tamu apakah ada yang tertinggal atau tercecer. Untuk menjaga keutuhan peralatan harus ditanamkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1.      Peralatan yang dibawa kembali ke kamar tamu harus sama jumlahnyamdengan yang dibawa sebelumnya.
2.      Kecermatan, ktetelitian, dan ketepatan mutlak diperlukan agar peralatan tidak ada yang hilang atau tertinggal.
3.      Uaiter yang melakukan clear up adalah waiter yang mengantar pesanan tamu.

Setelah dibersihkan peralatan disimpan sesuai dengan jenisnya sehingga memudahkan saat mencari dan menggunakannya. Biasanya gelas disimpan dirak agar lebih aman. Semua gelas disimpan dalam keadaan bersih dan mengkilap sehingga siap digunakan jika ada pesanan tamu. Aneka sendok garpu dan pisau disimpan dengan kelompokannya dan sudah dipolish agar mengkilap. Dinner spoon dan dinner knife yang telah bersih dialasi napkin untuk menjaga kebersuhanya. Semua lat disimpan rap




Tidak ada komentar:

Posting Komentar