Selasa, 18 Februari 2014

MENATA TRAY DAN TROLLEY


1.  Jenis Peralatan Room service
          
Room service harus memiliki peralatan dan perlengkapan guna menunjang kelancaran operasional room service. Berikut ini beberapa peralatan yang biasa digunakan untuk room service :

 
a.       Tea cup with saucer
b.      Coffe cup with saucer
c.       Juice glass
d.      Cream jug dan sugar bowl

a.       Tea pot and coffe pot
b.      Food cover
c.       Soup cup and saucer
d.      Room service tray
e.       B & B plate
f.       Dinner plate
g.      Macam – macam cutleries
h.      Flower vase, salt and pepper shaker
i.        Sugar holder
j.        Bermacam glass ware
k.      Chill dish


 
.2. Prosedur Penyiapan Makanan dan Minuman


Saat menyiapkan pesanan makanan dan minuman , waiter harus mengikuti prosedur yang digunakan oleh perusahaan/hotel tempat bekerja. Berikut ini prosedur penyiapan pesanan:
1.      Menyiapkan dalam keadaan bersih perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.
2.      Menyiapkan pesanan makanan dan minuman disiapkan dengan cepat,cermat, dan bersih.
3.      Perlengkapan dan peralatan ditata dengan memperhatikan keseimbangan tray dan set up table.
4.      Memeriksa kelengkapan order
5.      Membawa tagihan.



. 3. Teknik Menata tray dan Trolley


            Penataan dan penggunaan tray atau nampan dilakukan jika pesanan untuk satu orang, sedangkan trolley digunakan jika pesanan lebih dari satu orang dan memerlukan hot box untuk mempertahankan suhu makanan panas. Saat mengantarkan makanan ke konsumen, makanan harus ditutup dengan food cover untuk mempertahankan suhu makanan agar tetap hangat saat sampai ke kamar tamu.
            Tiap peralatan pada tray harus dirata dengan memperhatikan kemudahan tamu mengambilnya. Misalnya cangkir dan alasnya serta sendok the berada di sebelah kanan tray. Botol saus sebaiknya diletakkan dengan posisi berbaring. Jika membawa teko panas, ujung teko menghadap ke depan untuk menghindari tumpahan air panas jika terpeleset.
            Jika pesanan tamu sudah siap, pesanan harus segera dibawa ke kamar tamu. Setelah tiba d kamar tamu, waiter mengetuk pintu, menunggu jawaban, masuk, menempatkan tray di meja dan menatanya. Umunnya waiter  dapat kembali ke kamar tamu untuk clear up sekitar 45 menit-1 jam setelah order diterima tamu.
Saat menata makanan di trolley, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.
1.      Trolley diperiksa untuk memastikan suhunya sesuai dengan makanan. Sebelum digunakan, trolley terlebih dahulu dihubungkan dengan listrik sehingga hot box yang ada dibawah trolley sudah dalam keadaan panas begitu adaorder
2.      Saat ada dikamar tamu trolley berfungsi sebagai trolley harus ditutup dengan table cloth serta di set seperti meja restoran.


2 komentar:

  1. Kalau ditata menggunakan display yang dijual para pen jual display cooler lebih mearik kali ya gan. Apalagi buat yang punya toko :D

    BalasHapus
  2. cara membawa bill tray gimana ya?

    BalasHapus