Selasa, 18 Februari 2014

MENYAJIKAN PELAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI KAMAR TAMU



1.     Prosedur Memasuki Kamar Tamu

          Seorang waiter saat menyajikan order kepada tamu, terkadang tak luput dari kesalahan. Kesalahan kesalahan yang umum terjadi pada saat penyajian adalah sebagai berikut.
1.      Penulisan angka kurang jelas sehingga jumlah pesanan tidak sesuai permintaan tamu.
2.      Tulisan tangan kurang jelas sehingga salah membaca pesanan tamu.
3.      Suhu makanan yang disajikan tidak sesuai dengan jenis makanan.

Sebelum mengetuk kamar tamu, waiter harus mengecek kembali untuk memastikan nomor kamar yang benar. Seorang waiter harus mengetahui prosedur memasuki kamar tamu sehingga tamu tidak terganggu. Berikut ini prosedur memasuki kamar tamu :
1.      Mengetuk kamar atau memijit bel sesuai dengan standar layanan perusahaan sambil mengucapkan “room service” .
2.      Bila tamu telah mengijinkan masuk, segera sapa tamu dengan greeting dan sebut nama tamu. Pada saat melakukan greeting posisi tubuh waiter tegap lurus , melakukan eye contact kepada tamu, tersenyum, dan berbicara dengan nada ramah , serta memperkenalkan diri waiter sambil tersenyum.
3.      Meletakkan dan  menempatkan tray dan trolley secara aman sesuai dengan keinginan tamu.
4.      Menempatkan peralatan secara benar sesuai permintaan. Ada kalanya tamu meminta waiter untuk memindahkan isi tray ke meja dan menata sesuai dengan standar perusahaan.
5.      Menghidangkan dan menempatkan makanan dan minuman secara benar dan sesuai keinginan tamu dan prosedur perusahaan.

2.      Teknik Penyajian Makanan Dan Minuman Di Kamar Tamu

            Cara menyajikan hidangan dikamar tamu meliputi tiga teknik  yaitu tray set up (waiter meletakan tray sesuai dengan keinginan tamu), trolley set up ( pesanan ditatadiatas trolley dengan penataan seperti di meja restoran, trolley diletakkan sesuai dengan keinginan tamu  waiter melebarkan sisi kanandan kiri trolley sehingga berbentuk meja), dan table d’hote cover(waiter memindahkan dan menata pesanan di meja kamar).
            Saat makananyang dipesan tamu hendak disajikan , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:
1.      Menanyakan kepada tamu tempat tray atau trolley akan ditempatkan.
2.      Menanyakan kepada tamu untuk set up table(penataan meja).
3.      Menata pesanan dimeja dengan cekatan dan tidak menimbulkan kegaduhan.
4.      Menjelaskan order yang telah di pesan, sebutkan sesuai giliran dan menunjukan hidangannya.
5.      Menyajikan hidangan dan melayani sesuai sqeunce service dan standar perusahaan , misalnya meletakaan napkin di pangkuan tamu , membuka fod cover , membuka tea cup dan menuangkan kopi.
6.      Jika pesanan sudah benar , waiter menyampaikan tagihan kepada tamu untuk ditandatangani.
7.      Mengucapkan terimakasih dan menginformasikan kepada tamu jika ada tambahan pesanan.
8.      Menjelaskan tata cara pembersihan peralatan , yaitu dengan meletakkan diluar kamar bila  telah usai.
9.      Menanyakan waktu tray dan trolley dapat di clear up.
10.  Meninggalkan kamar sambil mengucapkan salam misalnya”please enjoy your breakfast, good morning sir/madam.

3.     Prosedur Penyajian Atau Pelayanan Minuman Anggur

 Tugas room service yang lain adalah melayani pesanan minuman anggur dari tamu.
Berikut ini tahapan dan prosedur pelayanan minuman anggur :
4.      Waiter menunjukan botol anggur yang masih dalam keadaan utuh dan tersegel kepada tamu.
5.      Menginformasikan merk , jenis dan nomor anggur.
6.      Membuka segel dengan knife waiter’s friend.
7.      Memutar pisau disekeliling pinggiran botol hingga tutup botol terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar