1.
Prosedur
Memasuki Kamar Tamu
Seorang
waiter saat menyajikan order kepada tamu, terkadang tak luput dari kesalahan.
Kesalahan kesalahan yang umum terjadi pada saat penyajian adalah sebagai
berikut.
1. Penulisan
angka kurang jelas sehingga jumlah pesanan tidak sesuai permintaan tamu.
2. Tulisan
tangan kurang jelas sehingga salah membaca pesanan tamu.
3. Suhu
makanan yang disajikan tidak sesuai dengan jenis makanan.
Sebelum mengetuk kamar
tamu, waiter harus mengecek kembali untuk memastikan nomor kamar yang benar.
Seorang waiter harus mengetahui prosedur memasuki kamar tamu sehingga tamu
tidak terganggu. Berikut ini prosedur memasuki kamar tamu :
1. Mengetuk
kamar atau memijit bel sesuai dengan standar layanan perusahaan sambil
mengucapkan “room service” .
2. Bila
tamu telah mengijinkan masuk, segera sapa tamu dengan greeting dan sebut nama
tamu. Pada saat melakukan greeting posisi tubuh waiter tegap lurus , melakukan
eye contact kepada tamu, tersenyum, dan berbicara dengan nada ramah , serta
memperkenalkan diri waiter sambil tersenyum.
3. Meletakkan
dan menempatkan tray dan trolley secara
aman sesuai dengan keinginan tamu.
4. Menempatkan
peralatan secara benar sesuai permintaan. Ada kalanya tamu meminta waiter untuk
memindahkan isi tray ke meja dan menata sesuai dengan standar perusahaan.
5. Menghidangkan
dan menempatkan makanan dan minuman secara benar dan sesuai keinginan tamu dan
prosedur perusahaan.
2.
Teknik Penyajian Makanan Dan Minuman Di Kamar
Tamu
Cara
menyajikan hidangan dikamar tamu meliputi tiga teknik yaitu tray
set up (waiter meletakan tray sesuai dengan keinginan tamu), trolley set up (
pesanan ditatadiatas trolley dengan penataan seperti di meja restoran, trolley
diletakkan sesuai dengan keinginan tamu
waiter melebarkan sisi kanandan kiri trolley sehingga berbentuk meja),
dan table d’hote cover(waiter memindahkan dan menata pesanan di meja kamar).
Saat
makananyang dipesan tamu hendak disajikan , ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan seperti berikut:
1. Menanyakan
kepada tamu tempat tray atau trolley akan ditempatkan.
2. Menanyakan
kepada tamu untuk set up table(penataan meja).
3. Menata
pesanan dimeja dengan cekatan dan tidak menimbulkan kegaduhan.
4. Menjelaskan
order yang telah di pesan, sebutkan sesuai giliran dan menunjukan hidangannya.
5. Menyajikan
hidangan dan melayani sesuai sqeunce service dan standar perusahaan , misalnya
meletakaan napkin di pangkuan tamu , membuka fod cover , membuka tea cup dan
menuangkan kopi.
6. Jika
pesanan sudah benar , waiter menyampaikan tagihan kepada tamu untuk
ditandatangani.
7. Mengucapkan
terimakasih dan menginformasikan kepada tamu jika ada tambahan pesanan.
8. Menjelaskan
tata cara pembersihan peralatan , yaitu dengan meletakkan diluar kamar
bila telah usai.
9. Menanyakan
waktu tray dan trolley dapat di clear up.
10. Meninggalkan
kamar sambil mengucapkan salam misalnya”please enjoy your breakfast, good
morning sir/madam.
3.
Prosedur
Penyajian Atau Pelayanan Minuman Anggur
Tugas room service yang lain adalah melayani
pesanan minuman anggur dari tamu.
Berikut
ini tahapan dan prosedur pelayanan minuman anggur :
4. Waiter
menunjukan botol anggur yang masih dalam keadaan utuh dan tersegel kepada tamu.
5. Menginformasikan
merk , jenis dan nomor anggur.
6. Membuka
segel dengan knife waiter’s friend.
7. Memutar
pisau disekeliling pinggiran botol hingga tutup botol terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar