Selasa, 18 Februari 2014

MENYAMPAIKAN TAGIHAN PELAYAN KAMAR



·          Teknik Pengisian Bill (Tagihan)

Tagihan room service berupa kuitansi atau biasa disebut dengan rekening room service. Tagihan room service juga biasa disebut bill. Tagihan atau bill adalah bukti sah pembayaran pesanan tamu yang dibuat oleh cashier.
Penyampaian tagihan adalah hal yang harus dipahami dan tidak boleh dilupakan oleh waiter.
Pengisian bill dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara manual (waiter menulis bill sesuai pesanan tamu) atau dengan menggunakan mesin chasier. Bill selalu dibuat rangkap tiga dengan perincian satu lembar yang asli untuk tamu , satu lembar untuk room service dan satu lembar lagi untuk front office.

·         Jenis Jenis Tagihan Room Service

Tamu hotel dapat membayar tagihan room service dengan cara memberikan uang tunai atau melalui kartu kredit, kartu debet, traveller’s cheque, kupon atau voucher, dan rekening kantor/perusahaan. Pembayaran tagihan dapat dilakukan tamu hotel begitu pesanan sampai atau ketika tamu hendak check out.
      Sebagian besar hotel menerapkan aturan kepada tamu untuk tidak melakukan pembayaran tunai melalui waiter, tetapi melalui kasir yang ada di front office. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengontrolan keuangan.


·         Prosedur Penyampaian Tagihan Room Service

Saat menyampaikan tagihan pesanan kepada tamu ada beberapa prosedur yang perlu diperhatikan , sebagai berikut :

1.      Bill diberikan dalam bill holder dan diserahkan dalam posisi terbuka kepada tamu setelah waiter mnjelaskan order dengan tepat. Pada saat menyampaikan bill, waiter harus bersikap sopan , ramah, dan menggunakan kata kata yang sopan dengan intonasi yang sesuai sehingga tamu merasa nyaman dan tidak terganggu karena akan segera menyantap pesanan makanan .
2.      Tamu menuliskan nama dan nomor kamar serta menandatangani bill pada kolom yang tersedia dan membayar tagihan sesuai jumlah yang tertera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar