·
Teknik Pengisian Bill (Tagihan)
Tagihan
room service berupa kuitansi atau biasa disebut dengan rekening room service.
Tagihan room service juga biasa disebut bill. Tagihan atau bill adalah bukti
sah pembayaran pesanan tamu yang dibuat oleh cashier.
Penyampaian
tagihan adalah hal yang harus dipahami dan tidak boleh dilupakan oleh waiter.
Pengisian
bill dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara manual (waiter menulis
bill sesuai pesanan tamu) atau dengan menggunakan mesin chasier. Bill selalu
dibuat rangkap tiga dengan perincian satu lembar yang asli untuk tamu , satu
lembar untuk room service dan satu lembar lagi untuk front office.
·
Jenis Jenis Tagihan Room Service
Tamu
hotel dapat membayar tagihan room service dengan cara memberikan uang tunai
atau melalui kartu kredit, kartu debet, traveller’s cheque, kupon atau voucher,
dan rekening kantor/perusahaan. Pembayaran tagihan dapat dilakukan tamu hotel
begitu pesanan sampai atau ketika tamu hendak check out.
Sebagian besar hotel menerapkan aturan kepada tamu untuk tidak
melakukan pembayaran tunai melalui waiter, tetapi melalui kasir yang ada di
front office. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengontrolan keuangan.
·
Prosedur
Penyampaian Tagihan Room Service
Saat menyampaikan tagihan pesanan kepada
tamu ada beberapa prosedur yang perlu diperhatikan , sebagai berikut :
1. Bill
diberikan dalam bill holder dan diserahkan dalam posisi terbuka kepada tamu
setelah waiter mnjelaskan order dengan tepat. Pada saat menyampaikan bill,
waiter harus bersikap sopan , ramah, dan menggunakan kata kata yang sopan
dengan intonasi yang sesuai sehingga tamu merasa nyaman dan tidak terganggu
karena akan segera menyantap pesanan makanan .
2. Tamu
menuliskan nama dan nomor kamar serta menandatangani bill pada kolom yang
tersedia dan membayar tagihan sesuai jumlah yang tertera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar